Baju Batik dan Zaman yang Terus Berkembang

Seseorang yang menggunakan baju batik bukan lagi suatu hal yang jarang kita lihat. Bagaimana tidak? Baju batik dapat kita gunakan dalam berbagai acara dan kesempatan. Baik itu acara nonformal, semi formal, hingga formal. Orang yang menggunakan baju batik tidak lagi dianggap sebagai orang yang terlalu resmi. Hal ini disebabkan banyaknya berbagai motif dan model baju batik kekinian yang terus berkembang dan cocok digunakan pada waktu santai.

Baju Batik Kekinian

Dewasa ini, banyak desainer-desainer kekinian yang memiliki ide unik dalam memperbarui motif dan model baju batik yang telah ada. Ide-ide tersebut terlihat dari komposisi-komposisi maupun gabungan baju batik yang terlihat lebih segar. Misalnya saja, jika dahulu baju batik identik dengan warna yang gelap seperti coklat dan hitam, sekarang baju batik telah memiliki berbagai macam warna. Baik itu warna gelap, terang, pastel, soft, hingga pencampuran warna-warna tersebut. Warna-warna cerah tersebut juga tidak membatasi gender, maksudnya adalah, zaman sekarang, banyak pria yang juga memilih warna-warna cerah pada baju batik yang akan ia kenakan. Hal ini akan membuat penampilannya terlihat lebih segar dan awet muda. Selain itu, baju batik kekinian juga tidak hanya memiliki satu motif dalam keseluruhannya. Baju batik kekinian terkadang memiliki dua atau lebih motif batik dalam keseluruhannya. Bahkan, ada juga desainer yang memiliki ide unik dalam baju batik kekinian. Ide tersebut ialah dengan hanya memasukkan sedikit corak batik dalam sebuah baju. Corak batik dalam baju tersebut bukanlah hal yang utama, tetapi keberadaannya dapat membuat penampilan menjadi berbeda dan unik.

Penyegaran terhadap baju batik merupakan suatu hal yang harus diapresiasi. Bagaimana tidak, tak bisa dipungkiri, batik merupakan suatu hal yang telah lama ada di Indonesia, sejak abad ke 17 Masehi. Sedangkan zaman terus berkembang, motif dan model-model baju juga memiliki perkembangan yang pesat. Oleh karena itulah, agar kita tetap menjaga dan menghargai sebuah budaya yang telah diakui dunia untuk kita, tetapi tetap mengikuti perkembangan zaman yang ada, kita harus berani melakukan perubahan, harus berani memberikan sentuhan yang berbeda untuk baju-baju batik yang beredar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *